www.patrolipost.com
19:45 WITA - Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli 19:26 WITA - Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan 17:09 WITA - Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih 11:04 WITA - Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali 10:56 WITA - Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus 22:13 WITA - Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
Ayam Betutu, Ikon Kuliner Bali yang Banyak Diburu

Selasa, 14/05/2019 - 15:14:23 WITA
yue - Ayam betutu jadi salah satu ikon kuliner Bali.
TERKAIT:
 
 
DENPASAR | patrolipost.com - Ayam betutu sudah menjadi salah satu ikon masakan Bali yang wajib dicicipi wisatawan yang datang ke pulau ini. Untuk menikmati menu olahan ayam tersebut, wisatawan maupun masyarakat Bali tidak perlu repot-repot. Hampir di setiap sudut bisa ditemukan restoran yang menyediakan menu tersebut.

Pemilik warung makan ayam betutu, Asti Sudarsana, mengatakan, tempat makan miliknya jadi  salah satu destinasi kuliner tradisional yang cukup dikenal wisatawan domestik yang berlibur di Bali. Kata dia, masyarakat lokal biasanya memilih ayam betutu untuk menu makan siang. Sehingga saat siang hari, warungnya diserbu pekerja kantoran.

Dia menjelaskan, ayam betutu ada yang dimasak dengan cara digoreng dan berkuah dengan cita rasa pedas menggunakan bumbu Bali. "Menu ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai rasa pedas. Betutu ini disajikan lengkap dengan kuah dan plecing kangkung," kata Asti. Sedangkan betutu goreng pedasnya tidak begitu menonjol.

Pasalnya, sebelum disajikan, ayam betutu yang sudah matang digoreng terlebih dahulu. Proses ini yang menyebabkan rasa pedas dari ayam betutu ini tidak terlalu menyengat. "Sehingga sangat cocok untuk pelanggan yang tidak menyukai rasa pedas," ucapnya. Untuk wisatawan asing, olahan ayam betutu ini dibuat tidak terlalu pedas.

 Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada wisatawan mancanegara yang tidak berani makan makanan pedas agar bisa menikmati kuliner Bali yang cukup populer tersebut. Salah seorang wisatawan asal Jakarta yang juga karyawan perusahaan swasta, Ira, mengakui jika ayam betutu adalah menu kesukaannya saat liburan di Bali.

Baginya, jika ke Bali harus menyempatkan diri untuk menikmati sajian yang sangat sesuai seleranya ini. Menurutnya, kesempatan menikmati ayam betutu pantang untuk dilewatkan. Apalagi jika sedang di Bali. "Saya suka makanan Bali seperti ayam betutu. Rasanya yang pedas dan gurih membuat cocok di lidah," katanya, mengakhiri obrolan. (yue)




 
Berita Lainnya :
Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli
Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan
Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih
Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali
Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus
Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
Sopir Truk di Karangasem Nyambi Jualan Sabu
Polwan Polda Bali Anjangsana ke Panti Asuhan
Tiap Tahun Dewan Pers Terima 300 Aduan
Gagal Dimediasi, Sengketa Pelaba Pura Banjar Pulesari Lanjut Sidang
Eksekusi Ruko Dramatis, Pemilik Pingsan Barang Diangkut 10 Truk
Jual Tanah Bodong Rp 7 Miliar, Mafia Tanah Ditangkap Polda Bali
Sengketa Lahan Bungkulan, Mediasi Digagas BPN Deadlock
Rem Blong di Jalur Tengkorak, Truk Fuso Hajar Enam Mobil
Terduga Mafia Tanah Diringkus Polda Bali
Keterlaluan, Pacar Lagi Hamil Dilecut dengan Kabel Listrik
 
Komentar Anda :

 
 
 
TERPOPULER
1   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
2   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
3   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya
4   Oaala! Ternyata Siswi SMK Bangli Itu Dilarikan Pria Beristri
5   Nakhoda Bali Hai Rampok Money Changer
6   Oala! Pria Bertato Itu Membunuh SPG Mobil karena Diejek 'Tidak Memuaskan'