page hit counter Barista bukan sekadar tukang pembuat kopi. "Harus punya keterampilan khusus dalam meracik kopi," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan" />
www.patrolipost.com
16:08 WITA - Mega - SBY dan Prabowo - Sandi Mendapat Apresiasi Khusus Ketua MPR 15:41 WITA - Ma'aruf Amin Tanggalkan Sarung saat Pelantikan 14:46 WITA - Inilah Bocoran Kabinet Kerja Jilid II Jokowi - Ma'aruf 13:55 WITA - Setelah Tempeleng 10 Siswa, Motivator Ini Berkali-kali Minta Maaf 13:08 WITA - Mega-SBY dan 17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi 12:38 WITA - Kapolres Karangasem Buka Perkemahan Bakti Remaja
Barista, Tak Sekadar Tukang Pembuat Kopi

Sabtu, 01/06/2019 - 07:56:58 WITA
ist - Peserta workshop basic barista sedang mengikuti dengan saksama penjelasan dari instruktur.
TERKAIT:
 
  • Barista, Tak Sekadar Tukang Pembuat Kopi
  •  
    DENPASAR | patrolipost.com - Barista bukan sekadar tukang pembuat kopi. "Harus punya keterampilan khusus dalam meracik kopi," kata Asisten
    Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Denpasar, Made Toya, saat membuka workshop barista basic yang digelar Badan Kreatif Denpasar di di Vasini Smart Boutique Hotel, Jumat (31/05/2019).

    Dikatakan Toya, budaya minum kopi sangatlah khas dan  menjadi aktivitas rutin di kehidupan masyarakat luas. Popularitas kopi pun kian tahun terus meningkat. Kondisi ini membuat profesi para peracik kopi makin dikenal khalayak. Mereka dituntut membekali diri dengan pengetahuan mendalam berkaitan dengan kopi, salah satunya soal karakter kopi yang diracik.

    Peracik kopi yang dikenal dengan sebutan barista dituntut memahami beragam teknik meramu kopi untuk mengangkat cita rasa kopi yang diolah agar tidak hilang. Semakin lama berkecimpung di dunia perkopian, jam terbang mereka semakin tinggi. Dan untuk mengujinya, ada kompetisi hingga tingkat dunia untuk memilih sosok barista dengan kemampuan terbaik.

    Semakin berpengalaman, semakin tinggi bayaran yang didapat. "Di Australia pendapatan rata-rata barista bisa mencapai lebih dari 30 dolar per jam," kata Toya. Di luar tugasnya menyiapkan minuman, seorang barista yang terampil juga dituntut untuk memiliki pengetahuan mendalam mengenai rangkaian produksi kopi untuk mendapatkan hasil racikan kopi terbaik.

    Toya berharap, kegiatan workshop barista untuk pemula ini dapat memberikan dampak pada peningkatan sumber daya manusia khususnya mereka yang baru berkecimpung dalam profesi ini agar tidak sekadar menjadi tukang membuat kopi. "Barista adalah seniman yang berkeasi mengolah biji kopi dan meraciknya jadi minuman yang punya cita rasa tinggi," ujarnya.

    Kadis Pariwisata Denpasar, Dezire Mulyani, didampingi Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wayan Hendaryana, mengatakan, profesi barista bisa jadi potensi menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat saat ini. Menurut dia, profesi barista saat ini banyak dicari dengan menjamurnya kedai-kedai kopi.

    Menurut Dezire, pelatihan dasar bagi barista ini menarik minat banyak peserta. Kendati hanya dibuka secara online, pendaftar membludak Padahal panita membatasi hanya untuk 50 orang. "Untuk efektifitas, peserta kami batasi hanya 50 orang saja," kata dia. Ke depan, pihaknya akan menggelar uji kompetensi bagi para barista yang telah mendapatkan pelatihan. (yan)



     
    Berita Lainnya :
    Mega - SBY dan Prabowo - Sandi Mendapat Apresiasi Khusus Ketua MPR
    Ma'aruf Amin Tanggalkan Sarung saat Pelantikan
    Inilah Bocoran Kabinet Kerja Jilid II Jokowi - Ma'aruf
    Setelah Tempeleng 10 Siswa, Motivator Ini Berkali-kali Minta Maaf
    Mega-SBY dan 17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi
    Kapolres Karangasem Buka Perkemahan Bakti Remaja
    Stripe Baru, Honda Sonix 150 R Makin Agresif
    Angin Kencang Terjang Kintamani, Pohon-pohon Tumbang
    Empat Titik Kebakaran Lahan 'Kepung' Wilayah Kintamani
    Viral di Medsos, Dua Balita Nangis Menyaksikan Orangtuanya Terbakar
    Kecelakaan Maut di Tol Lampung, Empat Tewas
    PLN Keluhkan Banyaknya Tiang Beranak
    Jaga Kamtibmas, TNI-Polri Gelar Patroli Bersama Naik Sepeda
    Bupati Suwirta Pergoki Penambang Pasir Liar di Eks Galian C Gunaksa
    KNPI Klungkung Gelar Pelatihan Tanggap Bencana
    Pesona Nusa Dua Fiesta 2019 Jaring Wisatawan Milenial dan Pecinta Musik Tanah Air
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Waduh! Tiga Rumah Mewah di Renon Dirampok
    2   Polisi Asal Bangli yang Dinas di Madura, Bunuh Diri dengan Cara Tembak Kepala Sendiri
    3   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    4   Ngemplang Pajak 200 Miliar, Bangunan Hotel di Seminyak Disita
    5   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    6   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya