Barista bukan sekadar tukang pembuat kopi. "Harus punya keterampilan khusus dalam meracik kopi," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan" />
www.patrolipost.com
19:45 WITA - Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli 19:26 WITA - Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan 17:09 WITA - Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih 11:04 WITA - Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali 10:56 WITA - Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus 22:13 WITA - Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
Barista, Tak Sekadar Tukang Pembuat Kopi

Sabtu, 01/06/2019 - 07:56:58 WITA
ist - Peserta workshop basic barista sedang mengikuti dengan saksama penjelasan dari instruktur.
TERKAIT:
 
  • Barista, Tak Sekadar Tukang Pembuat Kopi
  •  
    DENPASAR | patrolipost.com - Barista bukan sekadar tukang pembuat kopi. "Harus punya keterampilan khusus dalam meracik kopi," kata Asisten
    Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Denpasar, Made Toya, saat membuka workshop barista basic yang digelar Badan Kreatif Denpasar di di Vasini Smart Boutique Hotel, Jumat (31/05/2019).

    Dikatakan Toya, budaya minum kopi sangatlah khas dan  menjadi aktivitas rutin di kehidupan masyarakat luas. Popularitas kopi pun kian tahun terus meningkat. Kondisi ini membuat profesi para peracik kopi makin dikenal khalayak. Mereka dituntut membekali diri dengan pengetahuan mendalam berkaitan dengan kopi, salah satunya soal karakter kopi yang diracik.

    Peracik kopi yang dikenal dengan sebutan barista dituntut memahami beragam teknik meramu kopi untuk mengangkat cita rasa kopi yang diolah agar tidak hilang. Semakin lama berkecimpung di dunia perkopian, jam terbang mereka semakin tinggi. Dan untuk mengujinya, ada kompetisi hingga tingkat dunia untuk memilih sosok barista dengan kemampuan terbaik.

    Semakin berpengalaman, semakin tinggi bayaran yang didapat. "Di Australia pendapatan rata-rata barista bisa mencapai lebih dari 30 dolar per jam," kata Toya. Di luar tugasnya menyiapkan minuman, seorang barista yang terampil juga dituntut untuk memiliki pengetahuan mendalam mengenai rangkaian produksi kopi untuk mendapatkan hasil racikan kopi terbaik.

    Toya berharap, kegiatan workshop barista untuk pemula ini dapat memberikan dampak pada peningkatan sumber daya manusia khususnya mereka yang baru berkecimpung dalam profesi ini agar tidak sekadar menjadi tukang membuat kopi. "Barista adalah seniman yang berkeasi mengolah biji kopi dan meraciknya jadi minuman yang punya cita rasa tinggi," ujarnya.

    Kadis Pariwisata Denpasar, Dezire Mulyani, didampingi Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wayan Hendaryana, mengatakan, profesi barista bisa jadi potensi menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat saat ini. Menurut dia, profesi barista saat ini banyak dicari dengan menjamurnya kedai-kedai kopi.

    Menurut Dezire, pelatihan dasar bagi barista ini menarik minat banyak peserta. Kendati hanya dibuka secara online, pendaftar membludak Padahal panita membatasi hanya untuk 50 orang. "Untuk efektifitas, peserta kami batasi hanya 50 orang saja," kata dia. Ke depan, pihaknya akan menggelar uji kompetensi bagi para barista yang telah mendapatkan pelatihan. (yan)



     
    Berita Lainnya :
    Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli
    Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan
    Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih
    Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali
    Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus
    Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
    Sopir Truk di Karangasem Nyambi Jualan Sabu
    Polwan Polda Bali Anjangsana ke Panti Asuhan
    Tiap Tahun Dewan Pers Terima 300 Aduan
    Gagal Dimediasi, Sengketa Pelaba Pura Banjar Pulesari Lanjut Sidang
    Eksekusi Ruko Dramatis, Pemilik Pingsan Barang Diangkut 10 Truk
    Jual Tanah Bodong Rp 7 Miliar, Mafia Tanah Ditangkap Polda Bali
    Sengketa Lahan Bungkulan, Mediasi Digagas BPN Deadlock
    Rem Blong di Jalur Tengkorak, Truk Fuso Hajar Enam Mobil
    Terduga Mafia Tanah Diringkus Polda Bali
    Keterlaluan, Pacar Lagi Hamil Dilecut dengan Kabel Listrik
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    2   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    3   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya
    4   Oaala! Ternyata Siswi SMK Bangli Itu Dilarikan Pria Beristri
    5   Nakhoda Bali Hai Rampok Money Changer
    6   Oala! Pria Bertato Itu Membunuh SPG Mobil karena Diejek 'Tidak Memuaskan'