page hit counter
www.patrolipost.com
16:08 WITA - Mega - SBY dan Prabowo - Sandi Mendapat Apresiasi Khusus Ketua MPR 15:41 WITA - Ma'aruf Amin Tanggalkan Sarung saat Pelantikan 14:46 WITA - Inilah Bocoran Kabinet Kerja Jilid II Jokowi - Ma'aruf 13:55 WITA - Setelah Tempeleng 10 Siswa, Motivator Ini Berkali-kali Minta Maaf 13:08 WITA - Mega-SBY dan 17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi 12:38 WITA - Kapolres Karangasem Buka Perkemahan Bakti Remaja
Sering Pakai Topi Bikin Rambut Botak?

Senin, 24/06/2019 - 02:03:04 WITA
med. ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Sering Pakai Topi Bikin Rambut Botak?
  •  
    NEW YORK | patrolipost.com - Topi merupakan barang yang sering digunakan terutama ketika sedang melakukan aktivitas di luar ruangan. Menggunakan topi saat berada di luar ruangan dapat menghindari kepala dan wajah Anda dari sengatan sinar matahari. Namun ada mitos yang menyebutkan bahwa menggunakan topi dapat menyebabkan seseorang mengalami kebotakan. Apakah hal tersebut benar?

    "Saya pernah tanya ke beberapa orang, dan saya mengerti mengapa orang berpikir bahwa hal tersebut dipercayai banyak orang," ujar Dr Hayley Goldbach, seorang dokter kulit di UCLA Health. Dia bilang, beberapa orang mulai mengenakan topi untuk menyembunyikan kerontokan rambut yang mungkin membuat beberapa orang kemudian menyimpulkan bahwa mengenakan topilah yang memicu kebotakan.

    "Menurut saya, menggunakan topi tidak perlu dikhawatirkan dalam menyebabkan kebotakan rambut. Genetika adalah pemain utama dalam kerontokan rambut," kata Dr Michael Wolfeld, seorang ahli bedah plastik dan asisten profesor klinis di Mount Sinai Medical Center di New York. Dia mengatakan kebotakan umumnya karena sensitifitas terhadap hormon yang dikenal dengan nama dihydrotestosterone (DHT).

    Wolfed menyimpulkan ada banyak faktor penyebab kebotakan. Dikutip dari TIME, kebiasaan mengikat rambut seperti ekor kuda atau mengepang rambut sangat ketat juga dapat menciptakan tekanan yang menarik folikel rambut. "Jika dilakukan selama bertahun-tahun, kebiasaan itu dapat menyebabkan rambut rontok," kata Wolfeld. Termasuk juga memakai topi dalam jangka waktu lama dan setiap hari.  
     
    "Saya pikir jika mengenakan topi sangat ketat dan untuk jangka waktu yang lama setiap hari, berbulan-bulan atau bertahun-tahun berturut-turut itu dapat menyebabkan kerusakan pada rambut," tambah Wolfeld. Dan hal itu, pada gilirannya dapat meningkatkan kerontokan rambut. "Jika topinya terlalu ketat, saya yakin itu dapat menyebabkan iritasi atau peradangan pada folikel rambut," katanya, menambahkan.

    Pakar lainnya, profesor dermatologi di George Washington, Dr Adam Friedman, mengatakan, bahan pewarna atau lainnya bisa berperan dalam kerontokan rambut. "Jika topi menyebabkan reaksi alergi di kulit kepala, itu bisa menyebabkan rambut rontok karena peradangan," katanya. Faktor lainnya seperti kecenderungan genetik, dan peradangan dapat mempercepat proses kerontokan rambut tersebut. (med)





     
    Berita Lainnya :
    Mega - SBY dan Prabowo - Sandi Mendapat Apresiasi Khusus Ketua MPR
    Ma'aruf Amin Tanggalkan Sarung saat Pelantikan
    Inilah Bocoran Kabinet Kerja Jilid II Jokowi - Ma'aruf
    Setelah Tempeleng 10 Siswa, Motivator Ini Berkali-kali Minta Maaf
    Mega-SBY dan 17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi
    Kapolres Karangasem Buka Perkemahan Bakti Remaja
    Stripe Baru, Honda Sonix 150 R Makin Agresif
    Angin Kencang Terjang Kintamani, Pohon-pohon Tumbang
    Empat Titik Kebakaran Lahan 'Kepung' Wilayah Kintamani
    Viral di Medsos, Dua Balita Nangis Menyaksikan Orangtuanya Terbakar
    Kecelakaan Maut di Tol Lampung, Empat Tewas
    PLN Keluhkan Banyaknya Tiang Beranak
    Jaga Kamtibmas, TNI-Polri Gelar Patroli Bersama Naik Sepeda
    Bupati Suwirta Pergoki Penambang Pasir Liar di Eks Galian C Gunaksa
    KNPI Klungkung Gelar Pelatihan Tanggap Bencana
    Pesona Nusa Dua Fiesta 2019 Jaring Wisatawan Milenial dan Pecinta Musik Tanah Air
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Waduh! Tiga Rumah Mewah di Renon Dirampok
    2   Polisi Asal Bangli yang Dinas di Madura, Bunuh Diri dengan Cara Tembak Kepala Sendiri
    3   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    4   Ngemplang Pajak 200 Miliar, Bangunan Hotel di Seminyak Disita
    5   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    6   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya