www.patrolipost.com
19:45 WITA - Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli 19:26 WITA - Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan 17:09 WITA - Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih 11:04 WITA - Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali 10:56 WITA - Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus 22:13 WITA - Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
Sering Pakai Topi Bikin Rambut Botak?

Senin, 24/06/2019 - 02:03:04 WITA
med. ilustrasi
TERKAIT:
 
  • Sering Pakai Topi Bikin Rambut Botak?
  •  
    NEW YORK | patrolipost.com - Topi merupakan barang yang sering digunakan terutama ketika sedang melakukan aktivitas di luar ruangan. Menggunakan topi saat berada di luar ruangan dapat menghindari kepala dan wajah Anda dari sengatan sinar matahari. Namun ada mitos yang menyebutkan bahwa menggunakan topi dapat menyebabkan seseorang mengalami kebotakan. Apakah hal tersebut benar?

    "Saya pernah tanya ke beberapa orang, dan saya mengerti mengapa orang berpikir bahwa hal tersebut dipercayai banyak orang," ujar Dr Hayley Goldbach, seorang dokter kulit di UCLA Health. Dia bilang, beberapa orang mulai mengenakan topi untuk menyembunyikan kerontokan rambut yang mungkin membuat beberapa orang kemudian menyimpulkan bahwa mengenakan topilah yang memicu kebotakan.

    "Menurut saya, menggunakan topi tidak perlu dikhawatirkan dalam menyebabkan kebotakan rambut. Genetika adalah pemain utama dalam kerontokan rambut," kata Dr Michael Wolfeld, seorang ahli bedah plastik dan asisten profesor klinis di Mount Sinai Medical Center di New York. Dia mengatakan kebotakan umumnya karena sensitifitas terhadap hormon yang dikenal dengan nama dihydrotestosterone (DHT).

    Wolfed menyimpulkan ada banyak faktor penyebab kebotakan. Dikutip dari TIME, kebiasaan mengikat rambut seperti ekor kuda atau mengepang rambut sangat ketat juga dapat menciptakan tekanan yang menarik folikel rambut. "Jika dilakukan selama bertahun-tahun, kebiasaan itu dapat menyebabkan rambut rontok," kata Wolfeld. Termasuk juga memakai topi dalam jangka waktu lama dan setiap hari.  
     
    "Saya pikir jika mengenakan topi sangat ketat dan untuk jangka waktu yang lama setiap hari, berbulan-bulan atau bertahun-tahun berturut-turut itu dapat menyebabkan kerusakan pada rambut," tambah Wolfeld. Dan hal itu, pada gilirannya dapat meningkatkan kerontokan rambut. "Jika topinya terlalu ketat, saya yakin itu dapat menyebabkan iritasi atau peradangan pada folikel rambut," katanya, menambahkan.

    Pakar lainnya, profesor dermatologi di George Washington, Dr Adam Friedman, mengatakan, bahan pewarna atau lainnya bisa berperan dalam kerontokan rambut. "Jika topi menyebabkan reaksi alergi di kulit kepala, itu bisa menyebabkan rambut rontok karena peradangan," katanya. Faktor lainnya seperti kecenderungan genetik, dan peradangan dapat mempercepat proses kerontokan rambut tersebut. (med)





     
    Berita Lainnya :
    Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli
    Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan
    Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih
    Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali
    Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus
    Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
    Sopir Truk di Karangasem Nyambi Jualan Sabu
    Polwan Polda Bali Anjangsana ke Panti Asuhan
    Tiap Tahun Dewan Pers Terima 300 Aduan
    Gagal Dimediasi, Sengketa Pelaba Pura Banjar Pulesari Lanjut Sidang
    Eksekusi Ruko Dramatis, Pemilik Pingsan Barang Diangkut 10 Truk
    Jual Tanah Bodong Rp 7 Miliar, Mafia Tanah Ditangkap Polda Bali
    Sengketa Lahan Bungkulan, Mediasi Digagas BPN Deadlock
    Rem Blong di Jalur Tengkorak, Truk Fuso Hajar Enam Mobil
    Terduga Mafia Tanah Diringkus Polda Bali
    Keterlaluan, Pacar Lagi Hamil Dilecut dengan Kabel Listrik
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    2   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    3   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya
    4   Oaala! Ternyata Siswi SMK Bangli Itu Dilarikan Pria Beristri
    5   Nakhoda Bali Hai Rampok Money Changer
    6   Oala! Pria Bertato Itu Membunuh SPG Mobil karena Diejek 'Tidak Memuaskan'