page hit counter Saat ini tuberkulosis (TB) masih menjadi salah satu beban kesehatan di Indonesia dengan menduduki peringkat kedua dalam hal jumlah seca" />
www.patrolipost.com
21:48 WITA - Polres Jembrana Gagalkan Penyelundupan 13 Penyu Hijau 21:41 WITA - Rencananya Membunuh PIL, Justru Halima Ditikam 14 Kali 19:44 WITA - Peternak Babi Digugat Nadini Jungle & Resort Rp 2,9 M 19:31 WITA - Resmi Deklarasi, Langsung Turing Savana Morning Ride 19:18 WITA - Sakit Ginjal, Karyawan Toko Bangunan Gantung Diri 18:28 WITA - Mandi di Danau Batur, Pelajar SMAN 2 Bangli Ditemukan Tewas
Tuberkulosis Masih Jadi Beban Kesehatan Indonesia

Senin, 20/05/2019 - 09:48:43 WITA
net - Tuberkulosis masih menjadi beban kesehatan di Indonesia. Pasalnya kasus ini diperkirakan mencapai 842.000 kasus.(ilustrasi)
TERKAIT:
 
  • Tuberkulosis Masih Jadi Beban Kesehatan Indonesia
  •  
    JAKARTA | patrolipost.com  - Saat ini tuberkulosis (TB) masih menjadi salah satu beban kesehatan di Indonesia dengan menduduki peringkat kedua dalam hal jumlah secara global. Data World Health Organization (WHO) global TB report 2018, kasus TB di Indonesia diperkirakan mencapai 842.000 dengan 442.172 kasus TB teridentifikasi dan 399.828 yang tidak teridentifikasi. Insiden TB pada laki-laki dewasa di Indonesia mencapai 492.000 kasus dan sebanyak 349.000 kasus pada perempuan dewasa dan 49.000 pada anak-anak.

    "Guna mengakhiri epidemi TB pada tahun 2030 kami sadar bahwa sangat dibutuhkan kolaborasi dari berbagai sektor, termasuk pemerintah, swasta, dan NGO. Tingginya kasus TB di Indonesia, membuat kami semakin sadar bahwa sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai TB melalui beberapa inisiatif," kata Presiden Direktur PT Johnson & Johnson Indonesia, Lakish Hatalkar. TB penyakit yang penularannya sangat cepat, mudah dan dapat mengancam siapapun tanpa memandang latar belakang orang tersebut.

    Bakteri TB itu ditularkan melalui udara saat orang dengan TB batuk, berbicara atau menyanyi. Mereka memercikkan kuman TB ke udara, sehinga seorang lainnya dapat terpapar hanya dengan menghirup sejumlah kecil kuman TB. "Gejala TB antara lain batuk berkepanjangan, sakit di dada, batuk darah atau berdahak (dahak berasal dari paru-paru), mudah lelah, penurunan berat badan, tidak nafsu makan, panas dingin, demam, berkeringat di malam hari," kata dokter Spesialis Paru dan pakar TB dan MDR-TB, Dr dr Erlina Burhan M.Sc, Sp.P(K).

    Pada umumnya, TB dapat disembuhkan dengan menjalankan pengobatan dengan tingkat kepatuhan yang tinggi dan sesuai anjuran dokter. Sebagian pasien TB terkadang berhenti menggunakan obat setelah beberapa bulan menjalani karena sudah merasa lebih baik. Ketidakpatuhan pasien TB dalam pengobatannya dapat memperburuk kondisi pasien tersebut hingga menjadi pasien Multi-Drug Resistant Tuberculosis (MDR-TB). MDR-TB adalah suatu kondisi dimana pasien resisten terhadap minimal dua obat anti TB paling ampuh.

    Untuk menekan angka dan mengakhiri epidemi TB di Indonesia, sektor industri  turut memegang peranan penting. Selain itu, keahlian dan pelatihan tenaga medis dalam mendeteksi dan menemukan kasus TB masih perlu ditingkatkan, supaya penanganan dan pengobatan TB dapat dilakukan sejak dini dan sesuai standar yang direkomendasikan. Melihat kebutuhan tersebut, PT Johnson & Johnson Indonesia pun tergerak. Demikian dikatakan Devy Yheanne selaku Country Leader of Communications & Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia.

    Salah satunya penyelenggaran simposium  dan pelatihan penanganan kasus. "Melalui sejumlah inisiatif yang telah kami lakukan di masa lalu dan sekarang, kami berharap masyarakat Indonesia jadi lebih paham mengenai gejala, pencegahan, pengobatan dan perawatan pasien TB.  Kami juga berharap agar edukasi mengenai penyakit TB dapat terus berlanjut dan dilakukan secara merata di Indonesia. Sehingga, dengan meningkatnya pemahaman akan TB, maka diharapkan angka kasus TB di Indonesia dapat turun secara cepat," tutup Devy. (sin)






     
    Berita Lainnya :
    Polres Jembrana Gagalkan Penyelundupan 13 Penyu Hijau
    Rencananya Membunuh PIL, Justru Halima Ditikam 14 Kali
    Peternak Babi Digugat Nadini Jungle & Resort Rp 2,9 M
    Geliat Aktivitas Komunitas Honda ADV 150
    Resmi Deklarasi, Langsung Turing Savana Morning Ride
    Sakit Ginjal, Karyawan Toko Bangunan Gantung Diri
    Mandi di Danau Batur, Pelajar SMAN 2 Bangli Ditemukan Tewas
    Muncul Paket 'Arca' dalam Rapat Partai Demokrat Bangli
    Penjual Sabu 'Angkat Tangan' Divonis 14 Tahun Bui
    Waw! Edarkan Sabu, Trio Waria Divonis 9 Tahun Penjara
    Curi Ayam dan Dollar, Agus Saputra Tangkap Polisi
    Dispar Badung Promosi Pariwisata Lewat 700 Keping Flash Disk
    Pentas Seni Budaya Meriahkan HAI 2019 di Gianyar
    Audiensi ke Walikota Denpasar
    Mahalini Siapkan Diri Menuju 12 Besar Indonesia Idol
    Kejari Manggarai Barat Jemput Paksa Tersangka Korupsi Dana Sail Komodo 2013
    WN Rumania Pembobol ATM BRI dan BNI Diadili
    Pelajar Tenggelam di Danau Batur, Mayatnya Belum Ditemukan
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Waduh! Tiga Rumah Mewah di Renon Dirampok
    2   Polisi Asal Bangli yang Dinas di Madura, Bunuh Diri dengan Cara Tembak Kepala Sendiri
    3   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    4   Ngemplang Pajak 200 Miliar, Bangunan Hotel di Seminyak Disita
    5   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    6   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya