page hit counter Soul never old, merupakan kalimat singkat yang selalu tertanam di benak perempuan bernama Itjeu Siti Aisya. Meski usianya menginja" />
www.patrolipost.com
21:48 WITA - Polres Jembrana Gagalkan Penyelundupan 13 Penyu Hijau 21:41 WITA - Rencananya Membunuh PIL, Justru Halima Ditikam 14 Kali 19:44 WITA - Peternak Babi Digugat Nadini Jungle & Resort Rp 2,9 M 19:31 WITA - Resmi Deklarasi, Langsung Turing Savana Morning Ride 19:18 WITA - Sakit Ginjal, Karyawan Toko Bangunan Gantung Diri 18:28 WITA - Mandi di Danau Batur, Pelajar SMAN 2 Bangli Ditemukan Tewas
Senam Otak Bangkitkan Jiwa Muda Kalangan Lansia

Senin, 20/05/2019 - 11:38:40 WITA
btu - Itjeu Siti Aisya
TERKAIT:
 
  • Senam Otak Bangkitkan Jiwa Muda Kalangan Lansia
  •  
    JAKARTA | patrolipost.com - Soul never old, merupakan kalimat singkat yang selalu tertanam di benak perempuan bernama Itjeu Siti Aisya. Meski usianya menginjak angka 65, tetapi semangat dalam berkarya tetap membara. Untuk itulah, sapaan hangat 'kakak' kepada semua orang tanpa memandang usia sudah menjadi kebiasaannya. Untuk menjaga jiwa dan rohaninya tetap muda, Itjeu memiliki sebuah ritual unik, yang disebut senam otak variasi.

    Memiliki gerakan yang lebih sederhana dari jenis senam lainnya, Itjeu menyadari senam otak memang belum marak dan diminati masyarakat luas. Namun, karena melihat banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari senam otak, Itjeu memiliki inisiatif untuk menerbangkan gerakan senam yang sempat  dirinya pelajari bersama komunitas lanjut usia (lansia) di Perth, Australia. Itjeu mengklaim, senam otak variasi miliknya beda dengan senam otak lain.

    Senan otak versinya mengutamakan kegembiraan dibanding gerak senam yang kompleks. "Lansia tidak butuh apa-apa, hanya butuh happy. Happy kalau di-breakdown itu luas. Kenapa senam otak? Senam otak itu revolusi mental, kalau kita bisa me-manage otak kita, maka hal-hal positif akan terjadi. Yang penting, kita bisa berkreasi agar kita sehat, otak fokus, terbebas dari alzaimer, dan yang terpenting ada inspirasi bagi orang banyak," terang Itjeu.

    Khasiat senam otak pun sudah dirasakan oleh ratusan bahkan ribuan lansia yang pernah mencobanya bersama Itjeu. Sebagian besar dari mereka mengaku senang melakukan senam otak, dan merasa tubuhnya lebih merasa sehat dan ringan untuk digerakkan. Menjadi inspirasi untuk kaum lansia untuk menjalani kehidupan dengan tersenyum, merupakan sebuah semangat yang kini ia kobarkan tanpa henti. Karena semua berakar dari keresahannya.

    Ia merasa resah melihat kondisi lansia di Indonesia yang termajinalkan. Hasil perhitungan pada 2015, lansia yang berusia 60 tahun ke atas dan berasal dari 96 negara yang mewakili proporsi lansia besar. Negara Indonesia pun masuk pada peringkat 74 dari 96 negara. Di antara 23 negara Asia Pasifik, lansia Indonesia menduduki peringkat 15. Dirinya prihatin. Kesejahteraan lansia merupakan tanggung jawab pemerintah, keluarga, dan masyarakat.

    "Jadi lansia itu tidak enak. Pertama, fasilitas dan transportasi umum di Indonesia tidak ramah lansia. Seperti, jembatan penyeberangan dengan anak tangga banyak dan tinggi. Kemudian, jaminan santunan lansia yang dijanjikan pemerintah juga belum berjalan dengan baik, terang Itjeu. Selanjutnya, stigma lansia yang digambarkan sebagai sosok lemah juga acapkali terbangun dari kalangan masyarakat, bahkan lingkup terkecil, yaitu keluarga.

    Banyak keluarga yang tak sadar bahwa orang tua berusia lanjut juga memiliki keinginan untuk bahagia. "Ketika lansia telah memiliki cucu, anak-anaknya meminta mereka untuk menjaga cucu. Sudah tua,di rumah saja, menjaga cucu. Ini sesungguhnya celaka untuk para lansia. Dulu sudah momong anak, kok saat sudah tua juga disuruh momong cucu? Kapan mereka punya waktu untuk me time dan beristirahat," terang Itjeu. (btu)




     
    Berita Lainnya :
    Polres Jembrana Gagalkan Penyelundupan 13 Penyu Hijau
    Rencananya Membunuh PIL, Justru Halima Ditikam 14 Kali
    Peternak Babi Digugat Nadini Jungle & Resort Rp 2,9 M
    Geliat Aktivitas Komunitas Honda ADV 150
    Resmi Deklarasi, Langsung Turing Savana Morning Ride
    Sakit Ginjal, Karyawan Toko Bangunan Gantung Diri
    Mandi di Danau Batur, Pelajar SMAN 2 Bangli Ditemukan Tewas
    Muncul Paket 'Arca' dalam Rapat Partai Demokrat Bangli
    Penjual Sabu 'Angkat Tangan' Divonis 14 Tahun Bui
    Waw! Edarkan Sabu, Trio Waria Divonis 9 Tahun Penjara
    Curi Ayam dan Dollar, Agus Saputra Tangkap Polisi
    Dispar Badung Promosi Pariwisata Lewat 700 Keping Flash Disk
    Pentas Seni Budaya Meriahkan HAI 2019 di Gianyar
    Audiensi ke Walikota Denpasar
    Mahalini Siapkan Diri Menuju 12 Besar Indonesia Idol
    Kejari Manggarai Barat Jemput Paksa Tersangka Korupsi Dana Sail Komodo 2013
    WN Rumania Pembobol ATM BRI dan BNI Diadili
    Pelajar Tenggelam di Danau Batur, Mayatnya Belum Ditemukan
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Waduh! Tiga Rumah Mewah di Renon Dirampok
    2   Polisi Asal Bangli yang Dinas di Madura, Bunuh Diri dengan Cara Tembak Kepala Sendiri
    3   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    4   Ngemplang Pajak 200 Miliar, Bangunan Hotel di Seminyak Disita
    5   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    6   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya