page hit counter
www.patrolipost.com
15:41 WITA - Ma'aruf Amin Tanggalkan Sarung saat Pelantikan 14:46 WITA - Inilah Bocoran Kabinet Kerja Jilid II Jokowi - Ma'aruf 13:55 WITA - Setelah Tempeleng 10 Siswa, Motivator Ini Berkali-kali Minta Maaf 13:08 WITA - Mega-SBY dan 17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi 12:38 WITA - Kapolres Karangasem Buka Perkemahan Bakti Remaja 08:07 WITA - Stripe Baru, Honda Sonix 150 R Makin Agresif
Penetapan Jatah Pelanggan Baru PDAM Bangli Mengundang Protes

Senin, 07/10/2019 - 18:03:39 WITA
Dewa Made Merta
TERKAIT:
 
  • Penetapan Jatah Pelanggan Baru PDAM Bangli Mengundang Protes
  •  
    BANGLI | patrolipost.com - Program layanan bagi pelanggan baru PDAM Bangli yang difasilitasi pihak Desa Abuan mengundang protes warga. Pasalnya, implematasi dari program tersebut dituding salah sasaran dan sarat kepentingan politik.

    Salah seorang warga banjar Serokadan, Desa Abuan Kecamatan Susut, Dewa Made Merta mengaku kecewa dengan pembagian jatah  layanan bagi pelanggan baru.

    Kepada media Dewa Made Merta mengungkapkan, tahun ini PDAM membuka layanan untuk pelanggan baru. Untuk layanan bagi pelanggan baru ini langsung difasilitasi pihak desa. Kuota setiap dusunnya dilihat dari jumlah penduduknya. Banjar Serokadan mendapat jatah 28 pelanggan baru. Untuk 28 kuota dibagi menjadi empat tempek yakni Tempek Semeton, Kelod Kangin, Sangging dan Kaler.

    Lanjutnya, sebelum pembagian kuota memang sempat ada rapat, dimana pada rapat tersebut layanan diprioritaskan bagi warga yang memang di rumahnya belum terlayani PDAM dan atau satu jaringan PDAM pemanfaatnya lebih dari 3 kepala keluarga.

    "Saya mempertanyakan kenapa di pekarangan yang dihuni 7 KK tidak dapat layanan, padahal hasil rapat jelas salah satu yang menjadi prioritas adalah bagi warga yang memilki satu sambungan di rumahnya yang dimanfaatkan lebih dari 3 KK," jelas Made Merta.

    Menurutnya dengan pola satu meteran dimanfaatkan sebanyak 7 KK saat ini berimbas pada tingginya tagihan rekening per bulannya. "Untuk tagihan rekening sekitar Rp 1 juta - Rp 1,5 juta per bulannya karena kesulitan membayar kami sempat  nunggak membayar rekening," sebutnya.

    Kata Dewa Made Merta, justru melihat yang mendapat layanan adalah warga yang sebelumnya sudah mendapat layanan PDAM. Sehingga muncul kecurigaannya, ada muatan politik dalam mekanisme penentuan nama yang mendapat layanan sambungan baru PDAM tersebut. 

    Dewa Made Merta menambahkan, karena keluarganya tidak mendapat jatah layanan sambungan baru sempat mempertanyakan kepada Kelian Dusun, namun jawaban yang didapatkan kalau nama-nama yang dapat berdasarkan usulan dari Kelian Tempek.

    "Sebelum rapat kami sudah utarakan keinginan untuk mendaftar sebagai calon pelanggan baru PDAM, tapi saat mengambil formulir pendaftaran justru tidak dapat," jelasnya.

    Terpisah mantan Perbekel sekaligus Perbekel Abuan terpilih, I Wayan Widnyana mengatakan, di tahun 2019 pihak PDAM memberikan kuota 100 sambungan baru. Untuk menghindari calon pelanggan baru numplek di satu  wilayah, maka desa mengambil insiatif, yakni untuk calon pelanggan baru dibagi per dusun.

    "Untuk jumlah kuota per dusun disesuaikan jumlah penduduk," sebutnya.
    Menyikapi protes dari salah seorang warga yang menuding pembagian yang tidak trasparan, kata I Wayan Widnyana, untuk nama-nama yang diusulkan mengacu data dari bawah. "Kalau di Dusun Serokadan nama–nama yang diusulkan datang dari Kelian Tempek, karena yang bersangkutan mengetahui kondisi warganya secara dekat," kata I Wayan Widnyana. (750)



     
    Berita Lainnya :
    Ma'aruf Amin Tanggalkan Sarung saat Pelantikan
    Inilah Bocoran Kabinet Kerja Jilid II Jokowi - Ma'aruf
    Setelah Tempeleng 10 Siswa, Motivator Ini Berkali-kali Minta Maaf
    Mega-SBY dan 17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi
    Kapolres Karangasem Buka Perkemahan Bakti Remaja
    Stripe Baru, Honda Sonix 150 R Makin Agresif
    Angin Kencang Terjang Kintamani, Pohon-pohon Tumbang
    Empat Titik Kebakaran Lahan 'Kepung' Wilayah Kintamani
    Viral di Medsos, Dua Balita Nangis Menyaksikan Orangtuanya Terbakar
    Kecelakaan Maut di Tol Lampung, Empat Tewas
    PLN Keluhkan Banyaknya Tiang Beranak
    Jaga Kamtibmas, TNI-Polri Gelar Patroli Bersama Naik Sepeda
    Bupati Suwirta Pergoki Penambang Pasir Liar di Eks Galian C Gunaksa
    KNPI Klungkung Gelar Pelatihan Tanggap Bencana
    Pesona Nusa Dua Fiesta 2019 Jaring Wisatawan Milenial dan Pecinta Musik Tanah Air
    PLN UID Bali Gelar Pasukan dan Peralatan Kerja Jaskohar
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Waduh! Tiga Rumah Mewah di Renon Dirampok
    2   Polisi Asal Bangli yang Dinas di Madura, Bunuh Diri dengan Cara Tembak Kepala Sendiri
    3   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    4   Ngemplang Pajak 200 Miliar, Bangunan Hotel di Seminyak Disita
    5   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    6   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya