www.patrolipost.com
19:45 WITA - Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli 19:26 WITA - Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan 17:09 WITA - Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih 11:04 WITA - Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali 10:56 WITA - Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus 22:13 WITA - Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
Gali Potensi Nilai-nilai Budaya di Era Revolusi Industri 4.0

Minggu, 11/08/2019 - 11:40:40 WITA
Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (dua dari kiri) saat menghadiri Semaraya#1 di Aula Sadhu Gocara Yayasan Dwijendra, Denpasar, Sabtu (10/08/2019)
TERKAIT:
 
  • Gali Potensi Nilai-nilai Budaya di Era Revolusi Industri 4.0
  •  
    DENPASAR | patrolipost.com - Kompleksnya tantangan pada era revolusi indutri 4.0 terhadap nilai-nilai seni dan budaya dalam proses pembentukan lingkungan binaan jadi topik menarik yang dibahas dalam seminar nasional arsitektur yang memiliki tema "Pembangunan Lingkungan Binaan, Seni dan Budaya pada Era Revolusi Industri 4.0".

    Bertempat di Aula Sadhu Gocara Yayasan Dwijendra, Denpasar, Sabtu (10/08/2019), kegiatan ini dimotori Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Dwijendra dengan tagline Semaraya# 1 2019. Hadir selaku keynote speaker dalam seminar ini adalah Wakil Gubernur Provinsi Bali, Dr Ir Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si (Cok Ace).

    Hadir juga dalam seminar ini Ketua Yayasan Dwijendra, Rektor Universitas Dwijendra Denpasar, serta Dekan Fakultas Teknik Universitas Dwijendra. Seminar diikuti kalangan dosen dan mahasiswa. Dekan Fakultas Teknik, Frysa Wiriantari ST, MT, mengungkapkan ,seminar ini berangkat dari kompleksnya tantangan pada era revolusi indutri 4.0.

    "Seminar ini bertujuan menemukan kembali pola-pola lingkungan binaan maupun pola seni dan budaya yang berperan aktif dalam proses pembentukan lingkungan binaan pada era revolusi indutri 4.0 ini," sebutnya. Seminar membahas subtema seperti arsitektur dan perancangan kota, subak sebagai akar budaya, komunikasi visual seni dan desain.

    Lalu pendidikan karakter dalam seni dan budaya serta aspek legalitas. Seminar menghadirkan pembicara Prof Ir Titien Saraswati M.Arch, Ph.D, yang membawakan materi "Pengaruh Revolusi Industri Pada Arsitektur dan Lingkungan Binaan" dan I Ketut Siandana, ST, IAI dengan materi "Kreativitas dan Seni Rancang Bangun di Era Revolusi Industri 4.0".

    Rektor Universitas Dwijendra, Dr Ir Gede Sedana, M.Sc, M.MA, mengatakan, menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya, seminar ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan pembangunan yang berbasis arsitektur. Hal itu didukung Ketua Yayasan Dwijendra, Dr I Ketut Wirawan, SH.,M.Hum.

    Ia berharap agar arsitektur di Bali dapat berkembang sesuai pakem-pakem yang ada. Pihaknya juga berpendapat agar gaya arsitektur yang dahulu tidak diubah seenaknya mengikuti perkembangan sekarang. "Jangan menghilangkan nilai sejarah. Kearifan lokal harus dipertahankan," tegas mantan Rektor Universitas Dwijendra ini.

    Wakil Gubernur Bali, Cok Ace, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan seminar ini. Wagub berharap, Universitas Dwijendra berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal Bali. "Sebagai cikal bakal pendidikan di Bali, Dwijendra punya pola pengembangan yang spesifik, berbasis budaya dan kearifan lokal," pungkasnya. (arw)



     
    Berita Lainnya :
    Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli
    Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan
    Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih
    Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali
    Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus
    Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
    Sopir Truk di Karangasem Nyambi Jualan Sabu
    Polwan Polda Bali Anjangsana ke Panti Asuhan
    Tiap Tahun Dewan Pers Terima 300 Aduan
    Gagal Dimediasi, Sengketa Pelaba Pura Banjar Pulesari Lanjut Sidang
    Eksekusi Ruko Dramatis, Pemilik Pingsan Barang Diangkut 10 Truk
    Jual Tanah Bodong Rp 7 Miliar, Mafia Tanah Ditangkap Polda Bali
    Sengketa Lahan Bungkulan, Mediasi Digagas BPN Deadlock
    Rem Blong di Jalur Tengkorak, Truk Fuso Hajar Enam Mobil
    Terduga Mafia Tanah Diringkus Polda Bali
    Keterlaluan, Pacar Lagi Hamil Dilecut dengan Kabel Listrik
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    2   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    3   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya
    4   Oaala! Ternyata Siswi SMK Bangli Itu Dilarikan Pria Beristri
    5   Nakhoda Bali Hai Rampok Money Changer
    6   Oala! Pria Bertato Itu Membunuh SPG Mobil karena Diejek 'Tidak Memuaskan'