page hit counter
www.patrolipost.com
21:48 WITA - Polres Jembrana Gagalkan Penyelundupan 13 Penyu Hijau 21:41 WITA - Rencananya Membunuh PIL, Justru Halima Ditikam 14 Kali 19:44 WITA - Peternak Babi Digugat Nadini Jungle & Resort Rp 2,9 M 19:31 WITA - Resmi Deklarasi, Langsung Turing Savana Morning Ride 19:18 WITA - Sakit Ginjal, Karyawan Toko Bangunan Gantung Diri 18:28 WITA - Mandi di Danau Batur, Pelajar SMAN 2 Bangli Ditemukan Tewas
Gali Potensi Nilai-nilai Budaya di Era Revolusi Industri 4.0

Minggu, 11/08/2019 - 11:40:40 WITA
Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (dua dari kiri) saat menghadiri Semaraya#1 di Aula Sadhu Gocara Yayasan Dwijendra, Denpasar, Sabtu (10/08/2019)
TERKAIT:
 
  • Gali Potensi Nilai-nilai Budaya di Era Revolusi Industri 4.0
  •  
    DENPASAR | patrolipost.com - Kompleksnya tantangan pada era revolusi indutri 4.0 terhadap nilai-nilai seni dan budaya dalam proses pembentukan lingkungan binaan jadi topik menarik yang dibahas dalam seminar nasional arsitektur yang memiliki tema "Pembangunan Lingkungan Binaan, Seni dan Budaya pada Era Revolusi Industri 4.0".

    Bertempat di Aula Sadhu Gocara Yayasan Dwijendra, Denpasar, Sabtu (10/08/2019), kegiatan ini dimotori Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Dwijendra dengan tagline Semaraya# 1 2019. Hadir selaku keynote speaker dalam seminar ini adalah Wakil Gubernur Provinsi Bali, Dr Ir Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si (Cok Ace).

    Hadir juga dalam seminar ini Ketua Yayasan Dwijendra, Rektor Universitas Dwijendra Denpasar, serta Dekan Fakultas Teknik Universitas Dwijendra. Seminar diikuti kalangan dosen dan mahasiswa. Dekan Fakultas Teknik, Frysa Wiriantari ST, MT, mengungkapkan ,seminar ini berangkat dari kompleksnya tantangan pada era revolusi indutri 4.0.

    "Seminar ini bertujuan menemukan kembali pola-pola lingkungan binaan maupun pola seni dan budaya yang berperan aktif dalam proses pembentukan lingkungan binaan pada era revolusi indutri 4.0 ini," sebutnya. Seminar membahas subtema seperti arsitektur dan perancangan kota, subak sebagai akar budaya, komunikasi visual seni dan desain.

    Lalu pendidikan karakter dalam seni dan budaya serta aspek legalitas. Seminar menghadirkan pembicara Prof Ir Titien Saraswati M.Arch, Ph.D, yang membawakan materi "Pengaruh Revolusi Industri Pada Arsitektur dan Lingkungan Binaan" dan I Ketut Siandana, ST, IAI dengan materi "Kreativitas dan Seni Rancang Bangun di Era Revolusi Industri 4.0".

    Rektor Universitas Dwijendra, Dr Ir Gede Sedana, M.Sc, M.MA, mengatakan, menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya, seminar ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan pembangunan yang berbasis arsitektur. Hal itu didukung Ketua Yayasan Dwijendra, Dr I Ketut Wirawan, SH.,M.Hum.

    Ia berharap agar arsitektur di Bali dapat berkembang sesuai pakem-pakem yang ada. Pihaknya juga berpendapat agar gaya arsitektur yang dahulu tidak diubah seenaknya mengikuti perkembangan sekarang. "Jangan menghilangkan nilai sejarah. Kearifan lokal harus dipertahankan," tegas mantan Rektor Universitas Dwijendra ini.

    Wakil Gubernur Bali, Cok Ace, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan seminar ini. Wagub berharap, Universitas Dwijendra berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal Bali. "Sebagai cikal bakal pendidikan di Bali, Dwijendra punya pola pengembangan yang spesifik, berbasis budaya dan kearifan lokal," pungkasnya. (arw)



     
    Berita Lainnya :
    Polres Jembrana Gagalkan Penyelundupan 13 Penyu Hijau
    Rencananya Membunuh PIL, Justru Halima Ditikam 14 Kali
    Peternak Babi Digugat Nadini Jungle & Resort Rp 2,9 M
    Geliat Aktivitas Komunitas Honda ADV 150
    Resmi Deklarasi, Langsung Turing Savana Morning Ride
    Sakit Ginjal, Karyawan Toko Bangunan Gantung Diri
    Mandi di Danau Batur, Pelajar SMAN 2 Bangli Ditemukan Tewas
    Muncul Paket 'Arca' dalam Rapat Partai Demokrat Bangli
    Penjual Sabu 'Angkat Tangan' Divonis 14 Tahun Bui
    Waw! Edarkan Sabu, Trio Waria Divonis 9 Tahun Penjara
    Curi Ayam dan Dollar, Agus Saputra Tangkap Polisi
    Dispar Badung Promosi Pariwisata Lewat 700 Keping Flash Disk
    Pentas Seni Budaya Meriahkan HAI 2019 di Gianyar
    Audiensi ke Walikota Denpasar
    Mahalini Siapkan Diri Menuju 12 Besar Indonesia Idol
    Kejari Manggarai Barat Jemput Paksa Tersangka Korupsi Dana Sail Komodo 2013
    WN Rumania Pembobol ATM BRI dan BNI Diadili
    Pelajar Tenggelam di Danau Batur, Mayatnya Belum Ditemukan
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Waduh! Tiga Rumah Mewah di Renon Dirampok
    2   Polisi Asal Bangli yang Dinas di Madura, Bunuh Diri dengan Cara Tembak Kepala Sendiri
    3   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    4   Ngemplang Pajak 200 Miliar, Bangunan Hotel di Seminyak Disita
    5   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    6   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya