page hit counter
www.patrolipost.com
16:08 WITA - Mega - SBY dan Prabowo - Sandi Mendapat Apresiasi Khusus Ketua MPR 15:41 WITA - Ma'aruf Amin Tanggalkan Sarung saat Pelantikan 14:46 WITA - Inilah Bocoran Kabinet Kerja Jilid II Jokowi - Ma'aruf 13:55 WITA - Setelah Tempeleng 10 Siswa, Motivator Ini Berkali-kali Minta Maaf 13:08 WITA - Mega-SBY dan 17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi 12:38 WITA - Kapolres Karangasem Buka Perkemahan Bakti Remaja
Jadi Pemangku, Bule Swiss Jalani Prosesi Pawintenan

Selasa, 28/05/2019 - 00:59:53 WITA
ata - Seorang warga berkebangsaan Swiss, Kadja Staehlin, saat menjalani prosesi pewintenan Mangku Yantra di Griya Agung Manuaba Panembahan Jawi, Ubud Gianyar.
TERKAIT:
 
  • Jadi Pemangku, Bule Swiss Jalani Prosesi Pawintenan
  •  
    GIANYAR | patrolipost.com - Tidak hanya kepincut keindahan alamnya, warga asing yang berkunjung ke Bali juga banyak yang tertarik pada kehidupan spiritual berbasis agama Hindu. Demikian halnya dengan apa yang dilakoni seorang warga Swiss, Kadja Staehlin (61), yang sudah lama masuk Hindu yang kemudian memutuskan menjadi seorang Mangku Yantra.

    Bertempat di Griya Agung Manuaba Panembahan Jawi, Ubud, proses pawintenan Kadja Staehlin sebagai Mangku Yatra dilaksanakan Sabtu (25/05/2019) lalu. Upacara ini dipuput, Ida Nabe Rsi Bhagawan Ageng Kangjeng Panembahan Jawi Acharya Daksa Manuaba. Dengan upacara pawintenan ini, Kadja Staehlin menjadi satu-satunya Mangku Yantra di Swiss.

    Dari wejangan Ida Nabe Rsi Bhagawan Ageng Kangjeng Panembahan Jawi Acharya Daksa Manuaba, Minggu (26/05/2019), istilah "Mangku Yantra" mungkin sangat asing, terutama dalam hal Yantra (simbol agama). Karena menurut Ida Kangjeng, ini merupakan gelar perpaduan Hindu universal yang juga lekat dengan pemimpin spiritual ala Hindu Bali.

    "Dengan status Mangku Yantra, dharmanya membuat gambar suci untuk mendekatkan diri pada Tuhan," kata Ida Nabe Rsi Bhagawan Ageng Kangjeng Panembahan Jawi Acharya Daksa Manuaba. Nanti yang bersangkutan kembali ke Swiss dan melaksanakan dharma sebagai pemangku Yantra yakni, membuat lukisan sebagai simbol kesucian.

    "Mangku Kadja melakukan pawintenan ini adalah pangggilan jiwa. Di mana secara alam terjadi sendirinya. Di Swiss, mangku ini juga memberikan konseling termasuk memberikan juga gambar suci yang dia buat," ujarnya. Rohaniawan yang juga pengurus PHDIP Pusat ini mengatakan, menjadikan seseorang  sebagai Pemangku Yantra bukan hal sembarangan.

    Kata Ida, yang bersangkutan harus benar-benar memahami Dasa Aksara (huruf suci yang merupakan sumber dari alam semesta, red) dan selama hidupnya melakukan Dasa Dharma Paramartha. "Pemangku ini mempelajari Dasa Aksara sejak 20 tahun di Bali. Selama itu, selalu pulang pergi Swiss-Bali. Kalau saya ke Swiss ya belajarnya di sana," ujarnya.

    Prosesi di Griya Panembahan Jawi adalah ritual Sudi Wadani atau prosesi jadi pemeluk agama Hindu. "Pertama upacara Sudi Wadani, dia masuk Hindu walaupun sebetulnya secara spiritual dia sudah Hindu. Karena dalam hidupnya dia sudah melakukan Dasa Dharma Paramartha. Setelah itu, dilanjutkan dengan upacara pawintenan," pungkasnya. (ata)




     
    Berita Lainnya :
    Mega - SBY dan Prabowo - Sandi Mendapat Apresiasi Khusus Ketua MPR
    Ma'aruf Amin Tanggalkan Sarung saat Pelantikan
    Inilah Bocoran Kabinet Kerja Jilid II Jokowi - Ma'aruf
    Setelah Tempeleng 10 Siswa, Motivator Ini Berkali-kali Minta Maaf
    Mega-SBY dan 17 Kepala Negara Hadiri Pelantikan Jokowi
    Kapolres Karangasem Buka Perkemahan Bakti Remaja
    Stripe Baru, Honda Sonix 150 R Makin Agresif
    Angin Kencang Terjang Kintamani, Pohon-pohon Tumbang
    Empat Titik Kebakaran Lahan 'Kepung' Wilayah Kintamani
    Viral di Medsos, Dua Balita Nangis Menyaksikan Orangtuanya Terbakar
    Kecelakaan Maut di Tol Lampung, Empat Tewas
    PLN Keluhkan Banyaknya Tiang Beranak
    Jaga Kamtibmas, TNI-Polri Gelar Patroli Bersama Naik Sepeda
    Bupati Suwirta Pergoki Penambang Pasir Liar di Eks Galian C Gunaksa
    KNPI Klungkung Gelar Pelatihan Tanggap Bencana
    Pesona Nusa Dua Fiesta 2019 Jaring Wisatawan Milenial dan Pecinta Musik Tanah Air
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Waduh! Tiga Rumah Mewah di Renon Dirampok
    2   Polisi Asal Bangli yang Dinas di Madura, Bunuh Diri dengan Cara Tembak Kepala Sendiri
    3   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    4   Ngemplang Pajak 200 Miliar, Bangunan Hotel di Seminyak Disita
    5   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    6   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya