www.patrolipost.com
19:45 WITA - Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli 19:26 WITA - Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan 17:09 WITA - Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih 11:04 WITA - Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali 10:56 WITA - Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus 22:13 WITA - Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
Jadi Pemangku, Bule Swiss Jalani Prosesi Pawintenan

Selasa, 28/05/2019 - 00:59:53 WITA
ata - Seorang warga berkebangsaan Swiss, Kadja Staehlin, saat menjalani prosesi pewintenan Mangku Yantra di Griya Agung Manuaba Panembahan Jawi, Ubud Gianyar.
TERKAIT:
 
  • Jadi Pemangku, Bule Swiss Jalani Prosesi Pawintenan
  •  
    GIANYAR | patrolipost.com - Tidak hanya kepincut keindahan alamnya, warga asing yang berkunjung ke Bali juga banyak yang tertarik pada kehidupan spiritual berbasis agama Hindu. Demikian halnya dengan apa yang dilakoni seorang warga Swiss, Kadja Staehlin (61), yang sudah lama masuk Hindu yang kemudian memutuskan menjadi seorang Mangku Yantra.

    Bertempat di Griya Agung Manuaba Panembahan Jawi, Ubud, proses pawintenan Kadja Staehlin sebagai Mangku Yatra dilaksanakan Sabtu (25/05/2019) lalu. Upacara ini dipuput, Ida Nabe Rsi Bhagawan Ageng Kangjeng Panembahan Jawi Acharya Daksa Manuaba. Dengan upacara pawintenan ini, Kadja Staehlin menjadi satu-satunya Mangku Yantra di Swiss.

    Dari wejangan Ida Nabe Rsi Bhagawan Ageng Kangjeng Panembahan Jawi Acharya Daksa Manuaba, Minggu (26/05/2019), istilah "Mangku Yantra" mungkin sangat asing, terutama dalam hal Yantra (simbol agama). Karena menurut Ida Kangjeng, ini merupakan gelar perpaduan Hindu universal yang juga lekat dengan pemimpin spiritual ala Hindu Bali.

    "Dengan status Mangku Yantra, dharmanya membuat gambar suci untuk mendekatkan diri pada Tuhan," kata Ida Nabe Rsi Bhagawan Ageng Kangjeng Panembahan Jawi Acharya Daksa Manuaba. Nanti yang bersangkutan kembali ke Swiss dan melaksanakan dharma sebagai pemangku Yantra yakni, membuat lukisan sebagai simbol kesucian.

    "Mangku Kadja melakukan pawintenan ini adalah pangggilan jiwa. Di mana secara alam terjadi sendirinya. Di Swiss, mangku ini juga memberikan konseling termasuk memberikan juga gambar suci yang dia buat," ujarnya. Rohaniawan yang juga pengurus PHDIP Pusat ini mengatakan, menjadikan seseorang  sebagai Pemangku Yantra bukan hal sembarangan.

    Kata Ida, yang bersangkutan harus benar-benar memahami Dasa Aksara (huruf suci yang merupakan sumber dari alam semesta, red) dan selama hidupnya melakukan Dasa Dharma Paramartha. "Pemangku ini mempelajari Dasa Aksara sejak 20 tahun di Bali. Selama itu, selalu pulang pergi Swiss-Bali. Kalau saya ke Swiss ya belajarnya di sana," ujarnya.

    Prosesi di Griya Panembahan Jawi adalah ritual Sudi Wadani atau prosesi jadi pemeluk agama Hindu. "Pertama upacara Sudi Wadani, dia masuk Hindu walaupun sebetulnya secara spiritual dia sudah Hindu. Karena dalam hidupnya dia sudah melakukan Dasa Dharma Paramartha. Setelah itu, dilanjutkan dengan upacara pawintenan," pungkasnya. (ata)




     
    Berita Lainnya :
    Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli
    Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan
    Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih
    Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali
    Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus
    Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
    Sopir Truk di Karangasem Nyambi Jualan Sabu
    Polwan Polda Bali Anjangsana ke Panti Asuhan
    Tiap Tahun Dewan Pers Terima 300 Aduan
    Gagal Dimediasi, Sengketa Pelaba Pura Banjar Pulesari Lanjut Sidang
    Eksekusi Ruko Dramatis, Pemilik Pingsan Barang Diangkut 10 Truk
    Jual Tanah Bodong Rp 7 Miliar, Mafia Tanah Ditangkap Polda Bali
    Sengketa Lahan Bungkulan, Mediasi Digagas BPN Deadlock
    Rem Blong di Jalur Tengkorak, Truk Fuso Hajar Enam Mobil
    Terduga Mafia Tanah Diringkus Polda Bali
    Keterlaluan, Pacar Lagi Hamil Dilecut dengan Kabel Listrik
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    2   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    3   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya
    4   Oaala! Ternyata Siswi SMK Bangli Itu Dilarikan Pria Beristri
    5   Nakhoda Bali Hai Rampok Money Changer
    6   Oala! Pria Bertato Itu Membunuh SPG Mobil karena Diejek 'Tidak Memuaskan'