www.patrolipost.com
19:45 WITA - Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli 19:26 WITA - Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan 17:09 WITA - Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih 11:04 WITA - Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali 10:56 WITA - Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus 22:13 WITA - Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
Main Gamelan, Bule AS Tampil Memukau di PKB

Minggu, 23/06/2019 - 00:49:48 WITA
nanda - Kelompok kesenian Tunas Mekar asal Colorado, AS, pada Jumat (21/06/2019), unjuk kebolehan memainkan sejumlah komposisi gamelan Bali di PKB 2019 yang digelar di Art Center, Denpasar.
TERKAIT:
 
  • Main Gamelan, Bule AS Tampil Memukau di PKB
  •  
    DENPASAR | patrolipost.com - Kelompok seni asal Colorado, Amerika Serikat (AS), Tunas Mekar, ambil bagian dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41. Jumat (21/06/2019) rombongan kesenian yang digawangi 26 bule itu unjuk kebolehan dengan memainkan sejumlah komposisi gamelan Bali dan mengiringi para penari yang tampil.

    Bukan hanya tahun ini saja kelompok ini ambil bagian di PKB. Pada 1996 silam juga pernah ikut menyemarakan PKB. "Kelompok seni ini berdiri pada tahun 1988. Awalnya bernama Denver Gamelan kemudian jadi Gamelan Tunas Mekar," jelas guru gamelan Tunas Mekar, I Made Lasmawan, ditemui saat menjelang pentas di Art Center, Denpasar.

    Beda dengan pementasan pada tahun 1996, pada tahun ini, 26 orang bule yang diboyong ke Bali adalah generasi kedua dari grup tersebut. Selain para penabuh gamelan ini, mereka juga dibantu tiga pemain suling dan satu pemain rebab dari Bali. Sedangkan penari, empat orang berasal dari Bali, dan tiga penari Bali yang lama tinggal di AS.

    Di PKB Kali ini, kelompok kesenian ini mementaskan dua jenis gamelan Bali, pertama gamelan angklung dan kedua gambelan gong kebyar. "Pada gamelan angklung kita menampilkan tabuh tradisi 'Lasan Megat Yeh', dilanjutkan dengan gamelan tari Bali seperti Panyembrahma, Teruna Jaya dan tari kreasi lainnya ," Jela Lasmawan.

    Dia mengatakan, tampil di ajang PKB, kelompok Tunas Mekar juga membawakan beberapa gamelan hasil karyanya dan karya dari anak-anaknya, memadukan beberapa alur musik atau disebut "Gending" tanpa meninggalkan pakem-pakem Bali. "Komposisi 80 persen ke tradisi, dan sisanya kreasi modern," tambah Lasmawan, menerangkan.

    Para penabuh yang sebagian juga bekerja di Los Angeles itu mulai menggabungkan Gending untuk tampil di PKB pada bulan November 2018. Beberapa di antaranya, ada yang bisa berbahasa Indonesia dan juga bahasa Bali. "Ini membuktikan tradisi Bali dan budayanya sangat diminati kalangan luas," pungkas Lasmawan. (net)




     
    Berita Lainnya :
    Usai Pesta Arak, Ega Tersungkur Ditikam Juli
    Kecelakaan di Bayung Gede Libatkan 3 Kendaraan
    Potret Anak Kembar Miskin di Bangli, Ratih Sumiantari dan Nengah Cinta Kasih
    Inilah Daftar 21 Villa yang Dibobol Komplotan Agus Bali
    Komplotan Pembobol 21 Villa di Sanur dan Kuta Utara Diringkus
    Pasca Kerusuhan Monokwari, Personel Polres Jembrana Temui Pelajar Asal Papua
    Sopir Truk di Karangasem Nyambi Jualan Sabu
    Polwan Polda Bali Anjangsana ke Panti Asuhan
    Tiap Tahun Dewan Pers Terima 300 Aduan
    Gagal Dimediasi, Sengketa Pelaba Pura Banjar Pulesari Lanjut Sidang
    Eksekusi Ruko Dramatis, Pemilik Pingsan Barang Diangkut 10 Truk
    Jual Tanah Bodong Rp 7 Miliar, Mafia Tanah Ditangkap Polda Bali
    Sengketa Lahan Bungkulan, Mediasi Digagas BPN Deadlock
    Rem Blong di Jalur Tengkorak, Truk Fuso Hajar Enam Mobil
    Terduga Mafia Tanah Diringkus Polda Bali
    Keterlaluan, Pacar Lagi Hamil Dilecut dengan Kabel Listrik
     
    Komentar Anda :

     
     
     
    TERPOPULER
    1   Setelah Ditonton Istri, Suami Dipolisikan
    Heboh! Video Mesum Oknum Perwira Polda Bali
    2   Istri Sakit Jantung, Suami Ceburkan Diri ke Danau Batur
    3   Digrebek Selingkuh di Hotel, Oknum PNS Pemprov Digugat Cerai Suaminya
    4   Oaala! Ternyata Siswi SMK Bangli Itu Dilarikan Pria Beristri
    5   Nakhoda Bali Hai Rampok Money Changer
    6   Oala! Pria Bertato Itu Membunuh SPG Mobil karena Diejek 'Tidak Memuaskan'